Jumat, 19 April 2019

Perlu Kamu Ketahui, Inilah Fitur Android 1.0 yang Masih Dipakai Sampai Saat Ini


Perlu Kamu Ketahui, Inilah Fitur Android 1.0 yang Masih Dipakai Sampai Saat Ini! - Android sudah ada lebih dari 10 tahun yang lalu. Selama itu juga Android telah mengalami banyak perubahan yang signifikan dari segi fitur maupun sistem dan lain-lainnya. Meski begitu ternyata selama ini masih ada fitur-fitur yang masih dipakai mulai dari Android 1.0 atau versi pertama hingga sekarang ini.

fitur Android 1.0 
Baca juga artikel lain di : http://popy137.student.unidar.ac.id/

Kira-kira apa saja sih fitur Android 1.0 yang masih dipakai sampai saat ini? Penasaran? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Sinkronisasi Aplikasi

Sejak pertama kali dirilis, Android sudah mempunyai fitur sinkronisasi. Meski pada saat itu baru sedikit sekali aplikasi yang memiliki fitur ini. Hanya Google Contact, Google Calendar dan Gmail sajalah yang memiliki fitur sinkronisasi tersebut.

Namun, seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, fitur ini sudah dimiliki oleh cukup banyak aplikasi. Adapun, fitur sinkronisasi data yang ada pada ponsel Android memang terlihat sangat sepele. Akan tetapi fitur ini merupakan sebuah pondasi awal dari terbentuknya era smartphone.

SMS dan MMS

Pada sekitaran tahun 2008, kedua fitur Android 1.0 ini cukup mendominasi dan sering digunakan untuk berkirim pesan. Pasalnya saat itu aplikasi chatting belum banyak digunakan atau diketahui oleh masyarakat. Waktu pertama kalinya dirilis, Android sendiri sudah memiliki fitur MMS yang dapat digunakan untuk berkirim pesan multimedia. Berbeda halnya dengan iOS yang memiliki fitur ini pada sekitar tahun 2009.

Namun, meski kedua fitur Android 1.0 tersebut masih ada di ponsel kita, sekarang sudah banyak aplikasi chatting yang bermunculan di luar sana. Sehingga kita sudah jarang sekali memakai kedua fitur ini.

Pengorganisasian Aplikasi

Dari dulu hingga sekarang, fitur Android 1.0 yang masih ada adalah pengorganisasian aplikasi. Android sendiri memiliki pengorganisasian aplikasi yang jauh lebih baik daripada iOS. Salah satunya adalah dengan keberadaan App Drawer.

App drawer adalah tempat berkumpulnya semua aplikasi. Fungsi dari App drawer ini adalah untuk menampilkan seluruh aplikasi yang terinstal pada perangkat. Pengguna juga dapat menempatkan aplikasi sesuai dengan kategorinya masing-masing.

Bilah Notifikasi

Semua ponsel tentunya mempunyai notifikasi. Namun, notifikasi yang dibawa oleh Android berbeda dari yang lain. Sejak perangkat Android hadir pertama kali, fitur notifikasi ini baik SMS, telepon, dan lain-lain diletakkan pada satu tempat yang dapat diakses dengan mudah, yakni hanya dengan mengusap layar dari atas ke bawah. Dan bilah notifikasi yang seperti ini masih dipertahankan hingga sekarang.

Android Market

Sejak pertama kali perangkat Android diluncurkan, ponsel ini sudah memiliki toko aplikasi bernama Android Market dan sudah terinstal di dalamnya sekaligus. Namun, saat itu hanya ada 13 aplikasi saja yang terdapat di dalamnya. Akan tetapi sejak Android Market ini dibuka untuk semua pengembang aplikasi, maka saat itulah jumlah aplikasi di dalamnya semakin meningkat.


Kemudian pada tahun 2012 lalu berubah menjadi Google Play yang mana toko aplikasi ini menggabungkan antara Android Market dengan Google Music, dan Google eBookstore secara bersamaan. Nah, karena inilah kita perlu mengetahui perubahan dan perkembangan zaman yang semakin pesat. Kiat juga harus bijak dalam penggunaannya.

Nah, itulah fitur Android 1.0 yang masih ada sampai sekarang dan juga masih sering digunakan oleh para pengguna Android di seluruh dunia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.