Jumat, 26 April 2019

Ternyata Begini, Cara Mudah Mengembalikan Data yang Hilang Pada FlashDisk


Ternyata Begini, Cara Mudah Mengembalikan Data yang Hilang Pada FlashDisk. Pemakaian dari laptop ataupun PC pasti lekat kaitannya dengan flashdisk. Flashdisk ini sangat penting untuk digunakan sebagai pemindah data. Terutama, apabila data tersebut cukup besar. Terus, kalau Anda dalam keadaan genting ternyata flashdisk Anda korup, apa yang akan Anda lakukan?

mengembalikan data yang hilang
Baca juga artikel lain di : http://popy137.student.unidar.ac.id/

File atau data yang telah hilang di flashdisk tentu bisa di-recover atau dikembalikan. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan data dan file yang tidak sengaja terhapus atau Anda format karena virus atau malware.

Gunakan Software EaseUS Data Recovery

EaseUS Data Recovery merupakan salah satu software sangat ampuh yang bisa mengembalikan data yang hilang pada flashdisk korup. Tidak hanya flashdisk, tapi segala bentuk model penyimpanan seperti SD card, CF card, hardisk eksternal, dan lain sebagainya bisa dipulihkan melalui perangkat lunak satu ini. Tidak hanya korup, maka EaseUS Data Recovery juga bisa mengembalikan data yang hilang akibat format dan terhapus.

Download dan Instal EaseUS Data Recovery

Anda download terlebih dahulu EaseUS Data Recovery Wizard. File ini dapat Anda unduh dan gunakan secara gratis. Selanjutnya setelah berhasil men-download dan install, bukalah software tersebut.

Pilih Lokasi FlashDisk

Pilihlah drive yang sesuai dengan lokasi flashdisk Anda yang korup. Karena flashdisk merupakan external devices maka Anda langsung cek di bagian external devices saja. Saat sudah ketemu lalu klik dua kali lokasi flashdisk Anda. Nanti EaseUS Data Recovery akan men-scan sendiri data-data yang telah terhapus dari flashdisk.

Pilih File yang Ingin Di-recover

Langkah selanjutnya mengembalikan data yang hilang yaitu memilih file yang mau di recover. Setelah itu, akan muncul berbagai macam file. Disini pilihlah file yang ingin dipulihkan, berikan centang, lalu klik Recover.

Selain dari EaseUS Data Recovery Anda juga bisa menggunakan software Recuva.

Buka Software Recuva di PC

Colokkan flashdisk Anda terlebih dahulu hingga terbaca di PC kemudian buka software Recuva. Setelah itu pilihlah jenis file hilang yang akan dikembalikan. Disitu akan ada terlihat banyak file, maka pilihlah All Files kemudian klik Next. Tapi, kalau Anda tidak ingin semua file dikembalikan Anda  bisa pilih.

Pada pilihan File Location pilih In a Spesific Location maka klik Browse, dan pilihlah drive USB flashdisk Anda setelah itu klik Next. Setelah itu, akan terlihat muncul tampilan dari Recuva dan Anda klik Start.Nanti akan muncul berbagai macam file yang sebelumnya hilang. Anda pilih file-nya dan Anda klik  centang lalu klik Recover

Pilih lokasi di mana Anda ingin mengembalikan data yang hilang tersebut kemudian klik Ok dan Yes. Untuk memastikannya lagi. Anda bisa buka lokasi di mana Anda mengembalikan file Anda yang hilang tadi. Sebagai catatan, untuk percobaan yang dilakukan ini, file yang bisa dikembalikan merupakan file yang telah dihapus 1-7 hari.


Inilah beberapa cara untuk mengembalikan data yang hilang di flashdisk yang korup. Kalau Anda mempunyai cara lainnya yang mungkin lebih baik maka Anda bisa coba juga untuk melakukannya. File yang Anda miliki itu pasti sangat penting, tapi kadang secara tak sengaja bisa hilang atau kena virus. Sekarang Anda tidak usah khawatir lagi, karena semua itu bisa diperbaiki kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.