Minggu, 28 April 2019

5 Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Berumur Panjang


5 Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Berumur Panjang! Bagi seseorang yang pekerjaannya berhubungan dengan dunia online, kebutuhan akan perangkat elektronik seperti PC dan laptop merupakan kebutuhan pokok yang sangat diperlukan. Bahkan seorang pelajar juga membutuhkannya untuk menyelesaikan tugas yang diberikan dan mengirimkannya melalui email.

Tips merawat baterai laptop 
Baca juga artikel lain di : http://popy137.student.unidar.ac.id/

Dan perangkat elektronik yang paling praktis selain smartphone atau tablet dan bisa dibawa kemana-mana adalah laptop. Sama dengan smartphone, laptop ini juga dilengkapi dengan baterai yang bisa dicabut dan harus diisi dayanya agar bisa digunakan saat berada di lokasi yang jauh dari colokan listrik. Agar baterai laptop tetap awet, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan, yaitu:

Cabut Saat Sudah Mencapai 100%

Tips merawat baterai laptop agar awet dan berumur panjang yang pertama adalah segera mencabut charge saat indikator baterai sudah menunjukkan angka 100 persen. Cara terbaik agar baterai laptop awet adalah dengan memperlakukannya seperti baterai smartphone yaitu dengan mengisi daya saat baterai sisa sedikit dan segera mencabutnya saat baterai sudah mencapai 100 persen.

Baterai akan cepat bocor dan rusak jika dibiarkan secara terus menerus di charge walaupun daya baterai sudah full. Saat aliran listrik terus mengalir ke laptop bisa menyebabkan komponen-komponen yang ada di dalam baterai menjadi cepat rusak. Sebaiknya hindari melakukan charge pada laptop saat sedang tidur atau ditinggal bepergian.

Jangan Sampai Baterai Habis Total dan Laptop Mati

Yang perlu diperhatikan dalam menggunakan laptop adalah selalu perhatikan berapa sisa daya baterai laptop. Hal ini berhubungan dengan tips merawat baterai laptop yang kedua. Karena jika kondisi baterai digunakan sampai habis dan laptop sampai mati. Jika dilakukan secara terus menerus akan menyebabkan baterai cepat rusak.

Usahakan langsung mengisi daya saat indikator baterai menunjukkan angka 10 sampai 20 persen. Dan yang perlu diingat lagi adalah jangan mencabut charge saat kondisi baterai belum terisi sampai 100 persen. Hal ini justru akan mempercepat usia baterai menjadi aus dan rusak. Sangat disarankan untuk mematikan laptop dan tunggu sampai daya mencapai 100 persen dan jangan lupa untuk mencabutnya.

Gunakan Cooling Pad

Tips merawat baterai laptop agar awet dan berumur panjang adalah dengan menggunakan cooling pad  pada saat laptop dipakai dalam waktu yang lama agar suhu laptop tetap stabil dan tidak panas. Hal ini akan memperingan kinerja kipas pendingin yang ada pada laptop yang secara otomatis akan bekerja saat suhu laptop menjadi panas.

Aktifkan Mode Power Saver Pada Laptop

Tips berikutnya adalah sangat disarankan untuk mengaktifkan mode power saver pada laptopnya. Pada setiap laptop sudah terdapat fitur untuk mengaktifkan power saver ini. Cara mengaktifkannya adalah klik ikon baterai di bagian bawah layar dan pilih mode power saver. Hal ini berguna untuk memperpanjang serta menghemat daya pakai baterai.

Tutup Aplikasi yang Tidak Penting

Menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan merupakan  tips merawat baterai laptop agar awet dan berumur panjang. Membuka banyak aplikasi dalam satu waktu secara bersamaan bisa membuat daya baterai cepat habis. Buka aplikasi seperlunya saja agar usia baterai menjadi lebih awet.


Semoga dengan adanya 5 tips merawat baterai laptop agar awet dan berumur panjang berikut ini bisa bermanfaat dan menjadikan baterai laptop kesayangan menjadi lebih awet dan tahan lama.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.