Kamis, 25 April 2019

Tips Cara Merawat Power Bank agar Awet


Tips Cara Merawat Power Bank agar Awet! Semakin meningkatnya mobilitas manusia masa kini, kebutuhan akan alat-alat praktis menjadi semakin besar. Salah satunya adalah pengisi daya untuk ponsel. Manusia masa kini membutuhkan ponsel di hampir semua bidang kehidupan. Maka dari itu, ponsel yang kehabisan daya bisa menjadi masalah. Mengisi daya dengan menggunakan charger berkabel yang terhubung dengan listrik menjadi cara yang cukup merepotkan. Hingga muncullah power bank sebagai solusi permasalahan tersebut.

cara merawat power bank
Baca juga artikel lain di : http://popy137.student.unidar.ac.id/

Untuk menjawab kebutuhan akan alat pengisi daya yang praktis, vendor-vendor mengeluarkan produk power bank. Power bank banyak ditemukan di toko elektronik maupun toko online. Harganya pun bervariasi. Dengan harga yang bervariasi, kualitas yang ditawarkan juga berbeda. Namun jika Anda tidak ingin power bank cepat rusak, Anda harus memperhatikan cara merawatnya. Berikut cara merawat power bank dengan tepat.

Isi Saat Kosong

Saat menemukan power bank mulai kehabisan daya, Anda harus segera mengisinya ulang. Tanda power bank mulai kehabisan daya biasanya diperlihatkan dari lampu indikator. Usahakan untuk tidak mengisi saat daya benar-benar habis karena jika dibiasakan ini akan membuat power bank cepat rusak.

Jangan Gunakan Ponsel Saat Tersambung dengan Power Bank

Cara merawat power bank selanjutnya adalah memperhatikan waktu pemakaian. Mengoperasikan ponsel yang tertancap pada power bank tidak hanya akan berefek buruk bagi ponsel itu sendiri. Efek menurunnya performa dan kinerja juga akan berdampak pada power bank. Maka biarkan ponsel terisi dari power bank sebelum menggunakannya.

Jangan Diisi Ulang Terlalu Sering

Semahal apapun power bank, tetap ada batas maksimal dalam isi ulang. Power bank dengan baterai Li-Po memiliki siklus hidup 1000 kali isi ulang. Sementara power bank dengan baterai Li-Ion memiliki siklus hidup hingga 500 kali isi ulang. Jika hampir mencapai siklus maksimalnya, power akan terasa cepat habis dan isi ulangnya menjadi lama. Anda perlu memahami poin ini agar Anda tahu harus sesering apa power bank diisi daya.

 Hindari Over Charging

Sama seperti alat elektronik lainnya seperti ponsel dan laptop, power bank jua cepat rusak jika sering over charging. Jika Anda harus mengisi daya di malam hari saat Anda tidur, lebih baik pilih adaptor yang dilengkapi dengan timer. Sehingga saluran listrik akan terputus dengan sendirinya jika sudah memasuki waktu yang ditetapkan.

Hindari Benturan dan Suhu Panas

Cara merawat power bank berikutnya adalah memperhatikan penyimpanan dan cara penggunaan. Jangan sampai power bank terlalu sering terkena benturan dengan sesama benda keras karena bisa membuatnya cepat rusak. Selain itu suhu udara yang terus menerus panas juga bisa mempengaruhi daya tahan power bank. Usahakan untuk menghindarkan power bank dari dua situasi tersebut.

Jangan Malas Membersihkan

Cara merawat power bank yang terakhir adalah dengan memperhatikan kebersihannya. Meskipun termasuk alat elektronik, power bank juga perlu dibersihkan. Anda bisa membersihkan dengan tisu atau lap yang lembut. Sesekali Anda juga bisa membersihkannya dengan spons atau sikat gigi dengan bulu lembut. Bersihkan bagian terluar agar tidak berkarat dan beberapa bagian terdalam agar tidak dipenuhi oleh debu. Debu dan kotoran ini sangat mungkin bisa mengganggu proses pengisian daya.


Demikianlah beberapa tips cara merawat power bank yang bisa mulai Anda terapkan. Cara tersebut jika dilakukan secara konsisten akan membuat power bank berumur lebih lama. Anda jadi tidak perlu lagi terlalu sering membeli power bank karena cepat rusak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.