Selasa, 16 April 2019

7 Cara Ampuh untuk Mengamankan Browser PC dari Serangan Virus dan Malware


7 Cara Ampuh untuk Mengamankan Browser PC dari Serangan Virus dan Malware. Kadang rasa khawatir muncul saat browsing atau mengunduh file di laptop atau PC, lalu Anda sengaja klik malware atau virus dari website yang Anda klik. Kalau sudah begitu pasti akan merepotkan untuk mengembalikan browser seperti semula.

 mengamankan browser PC
Baca juga artikel lain di : http://popy137.student.unidar.ac.id/

Apalagi jika browser Anda sudah terintegrasi ke semua laman yang Anda butuhkan. Untuk mengamankan browser komputer atau laptop dari serangan semacam itu, gunakan tips di bawah ini untuk mengamankan browser Anda dari serangan, entah dari malware, malvertising attacks, adware, atau sekadar mengarahkan Anda ke situs berbahaya lainnya

Jaga Browser PC Anda Tetap Update

Aktifkan fitur automatic updates pada web browser yang Anda gunakan. Jangan gunakan web browser yang outdate atau versi lama Microsoft Internet Explorer. Gunakan Mozilla Firefox atau Google Chrome kemudian aktifkan automatic update. Untuk mengamankan browser PC jangan lupa selalu pakai versi terbaru dari web browser Anda.

Aktifkan Click to Play Plug ins

Dengan mengaktifkan click to play plugins di web browser yang Anda pakai. Hal ini akan membuat laman web memuat lebih cepat juga membuat CPU cycles dan kekuatan baterai pun menjadi lebih hemat. Dan yang terpenting memberi keuntungan pada keamanan. Penyerang tidak akan dapat mengeksploitasi cacat yang ada di plugin browser Anda.

Uninstall Plug ins yang Tidak Diperlukan

Uninstall plugins yang tidak digunakan untuk mengamankan browser PC Anda. Masuk ke daftar plugin yang diinstal pada browser Anda, kemudian pilih beberapa yang tidak Anda butuhkan lalu uninstall. Contohnya Java merupakan plugin yang berbahaya, uninstall jika tidak benar-benar Anda butuhkan.

Plug ins Tetap Update

Tidak hanya web browser Anda yang butuh untuk diupdate. Plugin yang Anda pasang pada browser juga butuh untuk diupdate. Pastikan plugin yang Anda pakai telah diupdate dengan cara reguler dan otomatis.

Menggunakan Browser 64-bit

Proteksi pada program 64-bit lebih baik untuk mengamankan browser PC melawan serangan. Jika Anda memakai browser 64-bit. ASLR merupakan akronim dari Address Space Layout Randomization lebih efektif pada program 64-bit. ASLR ini sendiri merupakan fitur security yang bisa membuat data program menjadi tak dapat diprediksi. Google Chrome menyediakan 32-bit dan 64-bit, karena itu akan lebih baik bila Anda menggunakan versi 64-bit.

Gunakan Program Anti-Exploit

Program ini dapat memperkuat browser Anda dari jenis paling umum yang biasa menyerang web browser. Daripada mengandalkan style antivirus seperti memblokir software, program ini dapat mencegah beberapa perilaku yang tidak biasa yang terjadi pada browser Anda.

Gunakan Peringatan Saat Menggunakan Browser Extensions

Browser Extension memang akan memudahkan Anda dalam browsing. Dan juga tools yang cukup powerful untuk mengkostumisasi website dan browser yang Anda gunakan. Namun dalam waktu yang sama juga, browser extension cukup berbahaya. Ekstensi yang buruk membuat browser terkena adware, capture keystrokes, dan banyak lagi. Untuk mengamankan browser PC Anda, cobalah untuk pakai sedikit mungkin browser extensions. Hal ini bisa membuat performa browser Anda menjadi lebih baik.


Itulah 7 cara ampuh untuk mengamankan browser PC Anda dari serangan virus, adware, malware, dan lain-lain, untuk mengamankan browser dari segala bentuk virus dan sebagainya Anda dapat gunakan cara-cara di atas sehingga performa browser menjadi lancar dan lebih baik. Dan yang paling utama adalah browser PC Anda terlindungi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.