Sabtu, 20 April 2019

Milenial? Yuk Berkenalan Dengan Android


Milenial? Yuk Berkenalan Dengan Android! Halo milenials! Bertemu lagi dengan saya dan kali ini kita akan membahas tentang android. Pasti kata tersebut tidak asing lagi bukan di telinga milenials semua? Benar sekali. Salah satu sistem operasi selular paling populer saat ini yang bahkan terus tumbuh dan menawarkan kekayaan isi dan keoptimalan hardware . Android sendiri memiliki keunikan yakni tidak membedakan antara aplikasi inti dengan aplikasi pihak ketiga API. Pengguna juga bisa lho menghapus aplikasi inti dan menggantinya dengan aplikasi pihak ketiga.

berkenalan dengan android
Baca juga artikel lain di : http://popy137.student.unidar.ac.id/

Kali ini kita akan membahas tentang berkenalan dengan android meliputi sejarah android itu sendiri hingga macam-macam serta tingkatan dan kapasitasnya. Sistem ini pertama kali dikembangkan oleh Android Inc yang dikembangkan untuk perangkat mobile berbasis linux. Kemudian pada tahun 2000 sistem ini di beli oleh google hingga pada 2007 terbentuklah Open Handset Alliance (OHA) yang beranggotakan  Texas Instrument, Broadcom Corporation, Google, HTC, Intel, LG, Marvell Technology Group, Motorola, Nvidia, Qualcomm, Samsung Electronics, Sprint Nextel, dan T-mobile yang kemudian disusul empat belas anggota baru lagi pada tahun 2008.

Selanjutnya adalah smartphone android pertama kali adalah HTC Dream atau biasa disebut G1. Ponsel ini adalah buatan Taiwan namun dirilis di beberapa tempat diantaranya, di US pada 22 Oktober 2008, di Inggris pada 30 Oktober 2008, di Australia pada 05 Februari 2009, serta di Kanada pada 02 Juni 2009. Dengan desain Slide yang nampak elegan berdimensi 117.7mm, 55.7, 17.1 dengan berat 158 gram dan nyaman di genggam oleh yang me review nya pertama kali.

Saat itu ponsel ini bisa dibilang sangat canggih karena sudah dilengkapi fitur Sensor Accelerometer, 3G HSPA, wifi, bluetooth, camera 3.15mp, dengan autofocus, E-mail, dan music player. Tentunya tidak berlebuhan bila di sebut ponsel canggih pertama karena sebelumnya belum ada ponsel yang berkenalan dengan android. Bahkan kala itu ponsel ini sudah memiliki ROM sebesar 256Mb, ExternalSD (microSD) dengan otak berprosessor qualcomm 528 MHz MSM7201A ARM11 serta memory sebesar 192Mb dan daya batrai sebesar 1150 mAh.

Sekarang kita akan beralih pada macam-macam android mulai dari jenis sampai fitur apa saja di dalamnya. Uniknya, jenis dari android selalu berurutan abjad misal dimulai dari apple pie sampai oreo sehingga mudah bagi user untuk mengingatnya. Berkenalan dengan android dan jenis-jenis serta fitur dari android dimulai dari yang terbaru.

Android Oreo 8.0

Dirilis 21 Agustus 2017 dengan fitur lebih menekankan pada kecepatan dan efisisensi, boot up 2x lebih cepat, mode picure in picture lebih fleksibel, penghematan batrai diperketat, batrai lebih tahan lama, emoji semakin banyak.

Selanjutnya noughat 7.0

Dirilis pada 22 Agustus 2016 dengan fitur support multi wondow, berkenalan dengan android ini dapat langsung membalas pesan dari notifikasi,tampilan panel baru, mode doze ditingkatkan, menu diantara setting.

Android marshmellow 6.0

Dirilis pada 5 Oktober 2015 dengan fitur support USB tipe-C, support autentifikasi sidik jari, akses system UI tunner, tambahan fungsi Google Now yang tidak hanya melayani suara.

Lollipop

Dirilis pada 17 Oktober 2014 dengan fitur dan perbaikan desain baru, peningjatan kecepatan, peningkatan daya tahan batrai, perbaikan beberapa masalah, peningkatan kecepatan. 


Demikianlah beberapa ulasan tentang berkenalan dengan android. Sebenarnya masih banyak jenis android lainya, tapi diatas kita bahas beberapa yang sedang up akhir-akhir ini. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.