Sabtu, 06 April 2019

Inilah Produk Gagal Google yang Sepi Peminat dan Akhirnya Ditutup


Inilah Produk Gagal Google yang Sepi Peminat dan Akhirnya Ditutup!  - Google merupakan salah satu perusahaan teknologi yang paling terkenal dan paling sukses di dunia. Hingga kini mereka telah menghasilkan berbagai inovasi teknologi yang sering menjadi kiblat teknologi dunia. Dari banyak produk-produk mereka, beberapa yang kita ketahui diantaranya seperti mesin pencari yang banyak digunakan atau Google Search, Chrome, Maps, Gmail, Android, dan YouTube. Dalam beberapa sektor tersebut, masih belum ada yang mampu menyamai atau melampaui kesuksesan Google.
produk gagal Google
Baca juga artikel lain di : http://popy137.student.unidar.ac.id/

Meski demikian, tentu saja Google bukanlah perusahaan teknologi yang sempurna. Dari banyaknya produk dan layanan yang mereka sediakan, Google ternyata juga pernah mengalami beberapa kegagalan karena respons pasar yang sepi. Berikut ini 7 di antara produk gagal Google tersebut:

Google Play Edition (2013 – 2015)

Google Play Edition atau GEP merupakan salah satu proyek dari Google sebelum adanya Android One. Sistem ini mulai diresmikan pada tahun 2013 dan berjalan dengan sistem operasi Android versi stock. Beberapa smartphone dengan edisi spesial ‘Google Play’ ini diantaranya Samsung Galaxy S4, Moto G, dan HTC One.

Setelah berjalan selama dua tahun, Google memutuskan untuk memberhentikan produk ini dan GEP pun termasuk ke dalam jajaran produk gagal Google yang tidak diteruskan. Dan sejak tahun 2015 hingga sekarang, tidak ada lagi smartphone yang menggunakan Google Play Edition.

Google Nexus (2010 – 2016)

Nexus sebenarnya masih belum bisa dikatakan sudah benar-benar ditutup, karena masih belum ada pernyatan resmi dari pihak Google terkait nexus. Namun, sudah tiga tahun lamanya Google masih belum juga merilis smartphone terbaru dari Nexus. Nexus merupakan salah satu proyek ponsel cerdas dari Google yang diciptakan sebelum Pixel. Menariknya, mereka pun bekerja sama dengan sejumlah brand lain seperti Samsung, LG, HTC, dan Asus untuk menciptakan produk-produk berupa smartphone dan tablet.

Project Ara (2014 – 2016)

Pada awalnya diciptakannya, Project Ara ini merupakan produk dengan konsep terbaik yang pernah diciptakan oleh Google. Konsep utamanya membagi beberapa komponen utama yang ada pada smartphone seperti kamera, keyboard, baterai dan juga layar menjadi bagian-bagian modular. Namun Google akhirnya memutuskan untuk membatalkan projek ini pada tahun 2016 dan membuatnya menjadi salah satu produk gagal Google.

Google Allo (2016 – 2019)

Google Allo merupakan suatu aplikasi pesan singkat dan dirilis pada tahun yang sama dengan Spaces, yaitu pada tahun 2016. Pada awal kehadirannya, Google Allo sempat digadang-gadang akan menjadi pesaing bagi Whatsapp, dengan tambahan fitur Assistant yang membuat menulis dan mengirim pesan menjadi jauh lebih mudah. Namun Allo tidak banyak digunakan dan akhirnya menjadi salah satu produk gagal Google. Hingga akhirnya per maret 2019 ini Google Allo pun resmi ditutup dan dihentikan. Google saat ini memindahkan berbagai fitur yang ada di Allo seperti Smart Reply dan dukungan desktop ke aplikasi Google Messages.

Google Plus (2011 – 2019)

Google Plus merupakan situs jejaring sosial yang diluncurkan pada tahun 2011. Sejak dioperasikan, layanan ini sama sekali tidak menarik banyak minat para pengguna baru. Keadaan menjadi semakin memburuk setelah Google justru memutuskan untuk melakukan perubahan pada Google Plus dengan menjadikannya seperti situs berita, dengan tampilan kotak-kotak.


Tak hanya itu, keamanannya juga cukup rentan dibobol. Bila dibandingkan dengan seluruh produk sosial dari Google, Google Plus bisa dikatakan sebagai produk gagal Google dari awal diluncurkan hingga akhir masanya. Layanan ini rencananya secara resmi ditutup pada bulan April 2019.
Itulah beberapa produk gagal Google yang tidak terlalu mendapat respon dari pengguna internet. Teknologi memang senantiasa terus berkembang untuk lebih memudahkan manusia. Maka para pengguna tentunya berusaha memilih teknologi dengan kelebihan-kelebihannyan yang akan memudahkan pengguna.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.