Rabu, 20 Maret 2019

Cara Mengatasi Anak yang Kecanduan Game Online


Cara Mengatasi Anak yang Kecanduan Game Online.Ciri anak yang sudah kecanduan game online ditandai dengan frekuensi bermainnya yang lebih dari tiga kali dalam satu minggu. Setiap kali anak tersebut bermain sampai lebih dari dua jam. Dalam hal ini anak tersebut tidak dapat belajar, bermain, bahkan tidur, jika belum bermain game online.
Game Online

Selain itu pula ciri-ciri anak yang kecanduan game online di antaranya jam bermainnya semakin meningkat. Anak akan menunjukkan rasa permusuhan dan perasaan marah jika jam bermain game mereka dikurangi ataupun dihentikan. Dalam kasus ini, anak akan bisa lupa waktu, lupa makan, bahkan lupa untuk bersosialisasi dengan orang-orang yang berada di sekitarnya, seperti teman dan keluarga. Untuk mengetahui informasi terbaru dan terlengkapnya Anda bisa simak di internet.

Untuk itu, Anda sangat perlu untuk melakukan tindakan preventif untuk mengatasi kecanduan game online pada anak. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kecanduan tersebut yaitu

Ajak Bicara dan Luangkan Waktu dengan Anak

Anda bisa meluangkan waktu untuk mengajak anak bicara baik-baik. Buatlah kesepakatan dengan anak kalau mereka hanya bisa bermain game online di waktu libur. Untuk selebihnya, Anda bisa mengajak anak untuk saling dekat dengan bermain bersama teman lainnya, berinteraksi dengan orang lain.

Hindari Perilaku Otoriter

Untuk menghilangkan kecanduan game online pada anak janganlah mengambil paksa gadget yang telah dipegang oleh anak saat bermain game. Janganlah melaran anak dengan cara seperti itu. Pada kenyataannya, tindakan seperti itu hanya akan menghentikan sementara, tapi anak akan semakin lebih berani dan balik akan memusuhi Anda.

Jangan Langsung Melarang

Sangat perlu Anda ingat, janganlah melarang total anak untuk bermain game online karena anak itu banyak akalnya. Tentu anak akan melakukan segala hal cara agar keinginannya bisa tercapai. Semakin dilarang, maka anak akan mencari cara supaya tetap bermain tanpa ketahuan oleh Anda. Dengan begitu anak akan mencoba untuk berbohong. Anak juga bisa pergi ke warnet ataupun ke rumah teman untuk bermain game online dan Anda sebagai orangtua tidak bisa mengawasi apa yang dilakukannya.

Alihkan Perhatian

Untuk menghilangkan kecanduan game online pada anak, maka cobalah alihkan perhatian anak dengan memberikan kegiatan padanya. Kegiatan tersebut  seperti les renang, balet, bahasa, ataupun musik. Lalu setelahnya Anda bisa mengajak anak jalan-jalan tanpa sehari memegang gadget. Melakukan hal ini semoga bisa mengalihkan pikiran anak terhadap game.

Seleksi Game

Anda bisa memilihkan game online yang sesuai dengan usia anak Anda. Game online yang bisa merangsang daya nalar, pengetahuan, menghibur, imajinasi dan kreatifitas dari anak. Hindarilah game yang mengandung kekerasan seperti halnya adegan orang berkelahi. Sebuah game yang sehat bisa dikategorikan akan membuat anak semakin banyak belajar berbagai macam pengetahuan. Hindarilah game yang bisa mengubah perilaku anak jadi negatif. Anda bisa seleksi game dengan mengatur mode parental pada gadgetnya.

Cobalah Terapi

Terapi merupakan cara mengatasi paling akhir jika anak masih kecanduan game online. Lebih tepatnya terapi ini berupa terapi kognitif behavioral. Terapi ini berfungsi untuk membantu anak memaknai apa yang mereka dapatkan dari kecanduan yang ada pada anak. Berusaha menumbuhkan terhadap hal tertentu dan mendorong anak untuk melakukan kebiasaan baru yang lebih positif.

Pada kasus kecanduan game online, maka anak yang kecanduan akan dibantu untuk menganalisis bahwa kecanduan game online bukanlah hal yang baik. Mendorong anak untuk melakukan hal bermanfaat lainnya yang lebih bersifat positif.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.