Selasa, 19 Maret 2019

Beberapa Panduan Cerdas Memilih Aplikasi Game Online Untuk Anak


Beberapa Panduan Cerdas Memilih Aplikasi Game Online Untuk Anak. Melarang anak untuk bermain game online di ponsel ataupun komputer rasanya sudah semakin sulit untuk dilakukan. Game online sekarang ini sudah seperti menjadi bagian dari keseruan di dunia anak-anak. Sebenarnya game online ini tidak selalu memberi pengaruh negatif, bermain game online juga memiliki sederet manfaat positif. Seperti halnya meningkatkan konsentrasi, mengasah pola berpikir, dan meminimalisir terjadinya stres pada anak.

Game Online 
Lalu apa yang harus Anda lakukan sebagai orangtua agar dampak negatif game online bisa dikurangi oleh Anak. Salah satunya yaitu  membantu anak memilih aplikasi game online untuk anak yang baik buat tumbuh kembangnya. Berikut ini ada beberapa panduan jitu yang bisa Anda lakukan saat memilihkan game online untuk anak. Untuk mengetahui informasi terbaru lainnya Anda bisa simak di internet.

Selipkan Pelajaran Bahasa

Kalau dulu Anda belajar bahasa Inggris hanya dari sekolah ataupun kursus, anak-anak sekarang ini bisa mengenal lebih awal melalui aplikasi game online untuk anak. Kebanyakan para vendor game menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Tapi kadang anak-anak hanya memahami beberapa kata dalam bahasa Inggris tersebut sebagai simbol. Seperti halnya start, exit, return, finish, dan lain-lain. Mereka sebenarnya tidak benar-benar tahu makna kata tersebut secara harfiah.

Agar aktivitas bermain anak-anak bisa menjadi ajang belajar juga, maka Anda bisa selipkan game online tebak-tebakkan berbahasa Inggris di perangkatnya. Sesekali ajak anak untuk memainkan game online tersebut sambil didampingi. Lama kelamaan anak akan mengenal lebih banyak kosa kata bahasa Inggris dengan cara yang lebih mengasyikkan.

Selipkan Game Online Tentang Strategi Gaya Hidup Sehat

Anak-anak akan lebih merasa lebih tertarik pada game strategi dan petualangan, maka Anda harus pintar mencari referensi aplikasi game online untuk anak tersebut. Anda bisa cari yang karakter utamanya berbentuk sayur mayur, buah, ataupun hewan. Permainannya tersebut bisa menyelipkan gaya hidup sehat, misalnya banyak olahraga, makan makanan sehat, dan ada waktu istirahatnya.

Hal ini penting untuk memberi anak pengetahuan dasar tentang makhluk hidup, sehingga anak tidak tenggelam dalam dunia robot ataupun monster yang menjadi karakter favorit kebanyakan game online. Dan, juga bisa memberikan sugesti yang positif tentang gaya hidup sehat. Melihat gambar sayur dan buah yang lucu-lucu juga bisa merangsang keinginan anak untuk meng konsumsi makanan sehat tersebut. Anak menjadi tersugesti bahwa buah dan sayur bisa terlihat lucu dan menyenangkan seperti halnya dalam game.

Pilih Game Online yang Menambah Pengetahuan Umum

Untuk Anda yang memiliki anak usia di atas 9 tahun, maka mulailah pertimbangkan untuk mencarikan aplikasi game online untuk anak yang menambah pengetahuan umumnya. Bisa sebuah permainan tentang metode perhitungan matematika, sejarah kerajaan asing, ataupun tokoh-tokoh yang berpengaruh di dunia.

Setelah anak bermain, Anda bisa memancing pertanyaan tentang nama tempat ataupun tokoh yang ditemui dalam game online tersebut. Jadikan itu sebagai bahan diskusi dan ajak anak untuk mencari tahu lebih banyak lagi tentang sejarah kerajaan yang dibelanya dalam game, ataupun negara yang menjadi latar pertempuran.

Pilihlah Game Online yang Penuh Teka-Teki Bermanfaat

Tidak ada hal di dunia ini yang tidak bisa untuk diambil manfaatnya. Termasuk pula game yang banyak dikatakan merusak generasi muda dan membuat anak-anak menjadi malas belajar. Sebuah game bisa menjadi istirahat yang cukup bermanfaat jika dapat terkendali waktunya. Berilah aplikasi game online untuk anak yang berisi teka-teki bermanfaat misalnya tebak kata, tebak gambar, ataupun puzzle untuk melatih ketelitian anak.

Inilah beberapa panduan cerdas memilih aplikasi game online untuk anak. Hal ini tinggal bagaimana Anda mendampingi anak Anda dan membantunya untuk mengendalikan diri agar tidak kecanduan ketika bermain sehingga melupakan kewajibannya untuk belajar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.