Kamis, 02 Mei 2019

Tips Merawat Baterai Laptop Awet dan Tahan Lama


Tips Merawat Baterai Laptop Awet dan Tahan Lama! Kebutuhan akan sebuah laptop saat ini semakin meningkat.  Mulai dari pelajar dan  mahasiswa yang mengerjakan tugas dari sekolah dan kampusnya, sampai dengan pegawai membutuhkan laptop untuk keperluan pekerjaannya. Bahkan para pebisnis yang mempunyai usaha secara online juga membutuhkan sebuah laptop dan koneksi internet yang stabil untuk menjalankan usahanya.

baterai laptop awet
Baca juga artikel lain di : http://popy137.student.unidar.ac.id/

Sebagai perangkat yang praktis dan bisa dibawa kemanapun, laptop dilengkapi dengan baterai yang bisa menyimpan daya cukup lama. Agar baterai laptop menjadi awet dan tahan lama ada beberapa cara yang bisa digunakan, yaitu sebagai berikut :

Tips yang pertama agar baterai laptop awet adalah dengan cara menghindari penggunaan laptop sampai daya baterai tersisa 0 persen. Setting di bagian menu pengaturan baterai laptop untuk memberikan peringatan saat baterai tersisa 10 persen. Hal ini untuk menghindari komponen hardware menjadi rusak akibat laptop dipaksa bekerja hingga baterai habis.

Segera cabut colokan jika baterai sudah terisi secara full 100 persen. Ini merupakan tips yang kedua agar umur baterai bisa lebih awet dan tahan lama. Untuk laptop yang masih baru, baterai biasanya masih belum memiliki daya sama sekali. Charge baterai laptop 4 hingga 8 jam sampai indikator baterai yang berwarna hijau menyala.

Jika ingin baterai laptop awet, gunakan laptop sewajarnya. Misalnya saat mendengarkan musik atau film sangat disarankan untuk menggunakan headset. Karena daya tahan baterai justru terserap lebih cepat saat laptop digunakan untuk melihat film atau musik dengan menggunakan speaker.

Sangat disarankan untuk selalu menggunakan adaptor charger original agar terhindar dari kebocoran daya baterai. Pada saat melakukan charge, sebaiknya dilakukan saat laptop dalam kondisi mati. Selain mempercepat proses pengisian baterai, hal ini juga berdampak pada kinerja laptop jika digunakan secara bersamaan.

Tips selanjutnya agar baterai laptop awet adalah dengan mengatur setting layar laptop ke posisi yang tidak terlalu terang. Karena semakin terang layar laptop maka semakin cepat pula daya baterai akan terserap habis. Hal berikutnya yang bisa dilakukan untuk menghemat daya baterai pada laptop adalah dengan menggunakan wifi seperlunya saja. Matikan koneksi wifi jika penggunaan laptop tidak membutuhkan koneksi internet.

Hindari menggunakan colokan listrik atau terminal  yang memiliki banyak cabang saat akan mencolok adaptor baterai laptop. Hal ini dimaksudkan agar laptop terhindar dari daya listrik yang tidak stabil yang masuk ke laptop jika ada banyak cabang pada terminal tersebut.

Motto “gunakanlah dengan bijak” sangat diperlukan jika ingin baterai laptop awet. Untuk itu saat menggunakan laptop di lingkungan yang memiliki colokan listrik, sangat disarankan untuk mencabut baterai laptop dan gunakan colokan listrik saja sebagai satu sumber daya laptop.

Gunakan baterai sebagai daya laptop jika berada di lingkungan yang tidak ada colokan listriknya. Hal ini sangat bermanfaat untuk menghindari laptop menjadi panas saat digunakan bersamaan yang akan mempersingkat umur baterai. Jangan lupa untuk selalu membawa cooling pad untuk mengurangi panas pada laptop.


Tips merawat baterai laptop awet dan tahan lama dapat digunakan sebaik-baiknya agar laptop yang dimiliki bisa dipakai dalam waktu yang lama. Saat menggunakan laptop hanya dengan menggunakan baterai sebagai daya, jangan lupa untuk selalu mengecek indikator baterai agar penggunaan laptop bisa segera dihentikan saat indikator menunjukkan sisa baterai hanya 10 persen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.